Senin, 19 September 2011

TDA Pert 2

DOKUMENTASI DAN KOMPONENNYA

Kita mungkin sudah tahu SDLC maupun fase-fase yang terdapat didalamnya. Agar suatu aplikasi yang akan dikembangkan itu berhasil dan berdaya guna (dalam arti sesuai dengan kebutuhan pengguna), salah satu faktor penting adalah terdapatnya dokumentasi yang baik dan terlacak (traceability) yang menyertai pengembangan software tersebut. Dokumentasi ini meliputi dokumentasi Perencanaan (SDP=Software Development Plan) ketika fase perencanaan, dokumentasi requirements analysis (SRS=Software Requirements Specification, dan IRS=Interface Requirements Specification), dokumentasi parancangan (SDD=Software Design Document), dokumentasi pengujian (STP=Software Test Plan, STRp=Software Test Report), juga dokumentasi yang berhubungan dengan produknya (SUM=Software User Manual, SPS=Software Product Specification, VDD=Version Description Document), dll. Dokumentasi tersebut mengacu pada DoD-STD-2167A dan MIL-STD-498. Bisa juga mengacu ke yang lain, saya sendiri terbiasa menggunakan standard tersebut.


Tujuan dari Software Development Plan  adalah untuk seluruh rencana diperlukan untuk mengembangkan, memodifikasi atau memperbarui sistem perangkat lunak, bahkan jika merilis rincian tentang bagaimana setiap langkah harus disampaikan. Ini mencakup setiap aspek dari proses hak proyek untuk melaksanakan pengembangan perangkat lunak, dokumentasi perangkat lunak melalui pengujian dan siklus rilis.
Template SDP

Software Requirements Specification (SRS) merupakan deskripsi lengkap tentang perilaku sistem yang akan dikembangkan. Ini mencakup satu set kasus penggunaan yang menggambarkan semua interaksi pengguna akan dengan perangkat lunak. Selain menggunakan kasus, SRS juga mengandung non-fungsional (atau Gapor Dison \ 's metode) persyaratan. Kebutuhan non-fungsional yang memaksakan kendala pada desain atau pelaksanaan (seperti persyaratan kinerja teknis, standar kualitas, atau kendala desain).
Template SRS

Software Design Document (SDD) adalah deskripsi tertulis dari sebuah produk perangkat lunak, yang merupakan desainer software menulis dalam rangka untuk menyediakan pengembangan perangkat lunak tim arsitektur pembinaan keseluruhan dari sebuah proyek perangkat lunak. Diagram arsitektur SDD biasanya disertai dengan pointer ke fitur spesifikasi rinci dari potongan-potongan yang lebih kecil dari desain. Praktis, dokumen desain yang dibutuhkan untuk mengkoordinasikan sebuah tim besar di bawah sebuah visi tunggal. Sebuah dokumen desain membutuhkan referensi yang stabil, menjelaskan semua bagian dari perangkat lunak dan bagaimana mereka akan bekerja. Dokumen ini diperintahkan untuk memberikan gambaran yang cukup lengkap, sementara mempertahankan tampilan tingkat tinggi perangkat lunak.
Template SDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar