Senin, 12 September 2011

TDA Pert 1

Dokumen adalah suatu catatan yang dapat dibuktikan atau dijadikan bukti dalam suatu masalah atau persoalan. Sedangkan dokumentasi adalah kegiatan atau proses pekerjaan mencatat atau merekam suatu peristiwa dan objek atau aktifitas yang dianggap berharga dan penting.
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. (wikipedia)


Dari berbagai literatur dan sumber-sumber informasi lainnya, bisa disimpulkan bahwa Software Engineer/System Application Documentation, meliputi elemen-elemen sebagai berikut di bawah ini:
  1. Requirements Documentation
  2. Architecture & Design Documentation
  3. Technical  Documentation
  4. End User Manuals Documentation
Secara umum, tujuan dari dokumentasi ini adalah, sebagai pendukung bagi pengembangan sistem. Bahasa sederhananya adalah, dokumentasi yang baik, pasti akan sangat menyehatkan sebuah organisasi IT/MIS. Pengembangan sistem (termasuk dalam hal melokalisir kesalahan atau error handling), menjadi akan lebih mudah dilakukan tanpa harus mengandalkan programmer/developer tertentu (mengingat bahwa “turn over” atau tingkat keluar/masuk SDM di level programmer memang lebih tinggi ketimbang level manajerial lainnya di dunia MIS) bahkan apabila situasi memang memaksa untuk dilakukan out sourcing…

TDA Bu Tyas

2 komentar:

  1. lumayan. lengapkapi dengan contoh untuk resume berikutnya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bu, untuk selanjutnya pasti akan lebih baik...

    BalasHapus